Perkembangan Radio dari Masa ke Masa



Radio merupakan salah satu dari media massa satu arah. Sifatnya memberikan pesan berupa audio yang menyebarkan informasi maupun juga hiburan kepada masyarakat. Radio sendiri salah satu teknologi yang menggunakan gelombang.

Awal Mula Radio

Radio pertama kali ditemukan oleh Heinrich Hertz yang meurpakan fisikawan asal Jerman pada tahun 1880an. Awalnya, radio diciptakan untuk keperluan militer yaitu untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan kode morse dari kapal ke daratan atau sebaliknya. Radio juga digunakan untuk komunikasi antar kapal ke kapal lain untuk berkoordinasi.

Pada tahun 1901, berkat Guglielmo Marconi ini menjadi sebuah bukti terhadapa dunia kalau radio dapat mampu terpancar melintasi Samudera Atlantik. Lalu pada tahun 1907, ada penemuan baru dari Lee DeForest yang berhasil meningkatkan gelombang radio. Penemuannya itu membuat suara manusia, musik, dan sinyal siaran apapun terdengar dengan keras dan jelas. Sejak saat itu lah perkembangan radio di Amerika Serikat sangat berkembang dengan pesat.

Stasiun Radio Pertama

Detroit MI 8MK dikenal sebagai stasiun radio yang pertama kali disiarkan pada tanggal 20 Agustus 1920 di negara Amerika Serikat. Saat ini Detroit MI 8MK lebih dikenal sebagai WWJ 950 AM. Pada tahun 1923 sudah terhitung sebanyak 556 stasiun yang terhitung sejak maret. Baru pada tahun 1926 NBC (National Broadcasting System) scara resmi didirikan sebagai stasiun radio besar. Setelah itu persaingan pada stasiun radio mulai bermunculan salah satu pesaingnya adalah CBS (Columbia Broadcasting System).

Stasiun radio pertama di Amerika Serikat
sumber: Daily Detroit

Penemuan Sinyal FM

Seorang insinyur elektronika asal Amerika Serikat pada tahun 1933 menemukan terobosan baru pada gelombang radio. Penemuan itu dikenal dengan sistem Frequency Modulation (FM) yang ditemukan oleh Edwin Armstrong yang merupakan penyempurnaan dari Amplitudo Modulation (AM). Radio FM kemudian menjadi bentuk utama dari penyiaran music pada akhir abad ke 20.

Sinyal Digital

Setelah radio AM dan radio FM, munculah radio satelit. Radio jenis ini menggunakan transmisi gelombang radio dengan memakai sinyal digital. Sinyal digital yang digunakan terdiri dari kode biner 0 dan 1. Ciri khas siaran satelit adalah jangakaunnya yang sangat luas dengan menggunakan teknologi satelit. Jenis radio ini biasanya dapat kamu temukan pada radio yang ada di mobil pribadi kamu. Radio satelit memiliki kelemahan pada satelit pemancar. Maka dari itu ketika mobilmu memasuki terowongan, radio yang sedang kamu putar akan berhenti sejenak karena sinyalnya yang terhalang.

Radio kini dapat diakses dengan sangat mudah. Masyarakat pun dapat menerima informasi dengan cepat serta radio yang biayanya sangat murah. Tinggal buka aplikasi RCTI+ di dalamnya ada fitur Radio+ yang isinya puluhan radio nasional dan radio internasional

Original Article

Categories: catatanTags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: